1. Alasan Manajemen Pemasaran Sering Disebut
Sebagai Manajemen Permintaan
Manajemen pemasaran adalah suatu
analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian dari program-program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang
bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Manajemen pemasaran adalah kegiatan pemasaran
yang direncanakan dengan baik, diorganisasikan, dikoordinasikan serta diawasi
akan membuahkan hasil yang memuaskan oleh karena itu manajemen pemasaran sering
disebut juga sebagai manajemen permintaan.
2.
Perbedaan
antara Kebutuhan dan Keinginan Berdasarkan Konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan
adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya
dan menjadi dasar (alasan) berusaha.Pada dasarnya,manusia bekerja mempunyai
tujuan tertentu,yaitu memenuhi kebutuhan.Kebutuhan tidak terlepas dari
kehidupan sehari-hari.Selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam
kebutuhan.Seperti:Makanan,Pakaian,Perumahan, Pendidikan,dan Kesehatan.Kebutuhan
dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi
tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam
kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh
manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara
kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak
sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal
yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau
setidaknya kurang sejahtera.
Keinginan
adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seseorang, dan apabila tidak
terpenuhi tidak mempengaruhi kehidupan orang tersebut.keinginan adalah sesuatu
tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia
tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka
sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.
3. Perbedaan Pasar dan Pemasaran
Pasar
:
konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan
keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
Pemasaran
:
merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau
nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan
harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran
agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
4.
Penjelasan
singkat yang dimaksud dengan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Marketing
mix adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan produk,
harga, tempat dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan
respon yang diinginkan untuk mencapai target market.
Terdiri dari 4P:
Terdiri dari 4P:
Ø Products
segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan.
segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan.
Ø Place
merupakan faktor penting yang berhubungan dengan pemilihan toko karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah took dan sasaran pelanggan.
merupakan faktor penting yang berhubungan dengan pemilihan toko karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah took dan sasaran pelanggan.
Ø Promotion
merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.
merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.
Ø Price
Strategi penetapan harga, terdiri dari 4 strategies, mulai dari: “prestige pricing, competitive pricing, and penetration pricing”.
Strategi penetapan harga, terdiri dari 4 strategies, mulai dari: “prestige pricing, competitive pricing, and penetration pricing”.
Referensi :
http://bummiekimmie.blogspot.com/2010/11/pemasaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar